Keuangan

Suze Orman – 9 Langkah Menuju Kebebasan Finansial

Pada artikel ini kita akan belajar tentang 9 Langkah Suze Orman Menuju Kebebasan Finansial. Saya akan menjelaskan setiap langkah secara rinci dan kemudian memberikan pendapat saya tentang bagaimana langkah tersebut / tidak berlaku untuk keuangan pribadi dan akan menguntungkan Anda. 9 Langkah Menuju Kebebasan Finansial adalah buku yang ditulis Suze Orman pada tahun 1997. Sekarang sudah lebih dari 10 tahun, tetapi telah teruji oleh waktu dan masih dinikmati oleh banyak orang hingga saat ini.

9 Langkah Suze Orman Menuju Kebebasan Finansial:

Langkah 1 – Lihat bagaimana masa lalu Anda memegang kunci masa depan finansial Anda

Dalam langkah pertama bukunya Orman, dia berbicara tentang bagaimana kebanyakan orang memiliki ingatan masa lalu yang memengaruhi cara mereka memandang uang dan keuangan. Dalam bab ini, saya akan membantu Anda memahami apa itu memori masa lalu dan melewatinya sehingga Anda dapat memulai lagi dengan keuangan pribadi Anda.

Langkah-langkah ini menjadi sedikit meleset dan tidak berguna bagi kebanyakan orang. Ada banyak orang yang memiliki kenangan buruk tentang uang, tetapi pada umumnya kebanyakan orang hanya malas dan tidak disiplin. Bagi kebanyakan orang itu adalah masalah motivasi dan bukan masalah pengalaman buruk. Langkah ini mungkin berguna bagi sebagian orang untuk membantu Anda memulai, tetapi tidak cukup luas untuk diterapkan pada banyak orang.

2 – Hadapi ketakutan Anda dan ciptakan kebenaran baru

Di sini Orman membuat hubungan dengan langkah pertama dalam buku ini. Orman meminta pembacanya melihat kembali kenangan masa lalu mereka dan melihat bagaimana mereka membuat mereka bertindak terhadap uang dalam kehidupan mereka saat ini. Orman menyarankan untuk menulis daftar ketakutan Anda terkait uang dan kemudian memahami cara mengatasinya.

Sekali lagi, saya menemukan langkah ini lebih merupakan latihan mental bagi mereka yang membutuhkan, tetapi tidak berlaku secara luas untuk semua orang. Dua langkah pertama dalam bukunya tampaknya lebih terkait dengan buku swadaya tradisional dan bukan keuangan pribadi atau buku perencanaan keuangan.

Langkah 3 – Jujurlah pada diri sendiri

Pada langkah ketiga buku Suze, dia menjelaskan secara rinci tentang penganggaran. Suze menyarankan Anda mendapatkan semua catatan masa lalu Anda dan memahami ke mana perginya uang Anda dalam 2 tahun terakhir. Rencananya adalah menggunakan catatan sebelumnya untuk menentukan rencana penganggaran Anda untuk masa depan.

Langkah ini sangat bagus dan sesuatu yang harus kita semua pertimbangkan. Menetapkan anggaran untuk melacak pendapatan kita adalah langkah paling mendasar dan penting untuk memulai pencarian kebebasan finansial. Satu-satunya masalah di sini adalah memiliki 2 tahun catatan lama. Jika Anda belum berusia 2 tahun, lakukan semua yang Anda butuhkan untuk membuat perkiraan untuk masa depan.

Langkah 4 – Bertanggung jawab atas orang yang Anda cintai

Pada langkah 4 Suze berbicara tentang menyiapkan uang Anda sehingga dapat membantu orang yang Anda cintai jika Anda akan membelanjakannya. Pengaturan dasar dari langkah ini memberi tahu Anda semua tentang asuransi, perencanaan perumahan, perwalian, dan surat wasiat.

Saya pikir langkah ini sangat penting, tetapi tampaknya tidak pada tempatnya. Saya pikir sebelum Anda dapat mulai merencanakan untuk orang lain setelah Anda pergi, Anda perlu mengatur keuangan pribadi Anda. Jika Anda tidak mengatur keuangan Anda, Anda tidak memiliki apa pun untuk diwariskan kepada ahli waris Anda dan itu akan sia-sia. Langkah 4 dan 5 perlu diubah.

Langkah 5 – Hormati diri Anda dan uang Anda

Di sini Orman berfokus untuk membantu pembacanya memilah dan mengatur keuangan mereka. Bab ini mencakup informasi tentang menempatkan uang untuk pensiun, menghilangkan hutang, dan banyak hal lainnya. Orman menulis bagaimana mengendalikan keuangan Anda dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Ini adalah salah satu langkah terbaik Orman dari keseluruhan buku. Ini adalah langkah terpenting untuk mencapai kebebasan finansial. Tanpa tabungan yang tepat, penghapusan hutang, dan perencanaan keuangan masa depan, orang bahkan tidak dapat mulai memikirkan kedamaian finansial.

Langkah 6 – Percaya diri lebih dari percaya pada orang lain

Langkah ini berbicara tentang bagaimana orang harus mempercayai orang lain ketika membuat keputusan keuangan dan investasi. Dia mengatakan orang harus selalu pergi bahkan dengan perasaan mereka.

Saya pikir langkah ini sama sekali tidak akurat. Orang harus selalu mencari nasihat yang tepat tentang perencanaan keuangan dari para ahli dan memiliki semua langkah yang direncanakan daripada pergi dengan firasat setiap saat. Saya pikir semua orang harus memiliki nasihat keuangan pribadi untuk membantu keputusan keuangan dan investasi mereka. Penting untuk dicatat bahwa penasihat keuangan hanyalah seorang penasihat dan semua keputusan akhir harus datang dari Anda.

Langkah 7 – Bersikaplah terbuka untuk menerima semua yang ditakdirkan untuk Anda miliki

Dalam langkah ini Orman menjelaskan secara rinci bahwa uang tidak membawa kebahagiaan, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya. Ini juga menjelaskan secara rinci tentang kegembiraan menyumbang untuk amal.

Di sini Orman bertentangan dengan banyak pernyataan dari yang pertama dalam bukunya. Di bagian pertama bukunya, dia terus berbicara tentang kebahagiaan dan merasa lebih baik tentang dirinya sendiri, tetapi kemudian dia mengatakan yang sebaliknya di sini. Dia bilang kamu bahagia sebelum dan sesudah kamu mendapatkan kebebasan finansial. Apa artinya ini? Keduanya benar-benar independen satu sama lain dalam kedua cara.

Langkah 8 – Pahami aliran siklus uang

Di sini Orman menulis tentang bagaimana terkadang semua masa sulit dan buruk dalam hidup kita mengajarkan kita pelajaran yang sangat baik untuk masa depan kita. Dia berbicara tentang bagaimana memanfaatkan kegagalan kita di masa lalu untuk melihat kesuksesan di masa depan.

Saya pikir Orman memukul kepala dengan akurasi pernyataannya, tetapi sekali lagi, apa hubungannya dengan mur dan baut perencanaan keuangan?

Langkah 9 – Kenali kekayaan sejati

Pada langkah terakhir buku Orman, ia menulis tentang bagaimana nilai sejati dalam hidup tidak datang dari uang dan kekayaan.

Sekali lagi, saya merasa bahwa bagian ini bertentangan dengan sebagian dari apa yang dikatakan Suze di sepanjang buku ini, tetapi saya juga berpikir itu sangat benar.

Secara keseluruhan, The 9 Steps to Financial Freedom adalah buku yang sangat bagus untuk orang-orang yang ingin belajar psikologi uang dan ingin berubah pikiran tentang hal itu. Ini lebih merupakan buku self-help untuk orang-orang ini.

Buku-bukunya memberikan sangat sedikit rencana nasihat keuangan yang benar dan tidak ada banyak substansi mekanis. Saya tidak akan merekomendasikan buku ini untuk orang yang mencari mur dan baut pada nasihat keuangan pribadi. Untuk orang-orang ini saya akan menyarankan sesuatu dari ahli nasihat keuangan lain.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button