Keuangan

Ikatan Mahasiswa Telekomunikasi Itb Pancing Inovasi Melalui Internet Of Things Innovation Challenge

Rizki mengapresiasi semangat BAKTI Kominfo yang akan segera mendata ulang daerah–daerah yang belum menerima jaringan internet. BAKTI sendiri merupakan unit organisasi noneselon di lingkungan Kominfo, dan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan kewajiban pelayanan universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika di seluruh wilayah Indonesia. Telekomunikasi Tanpa Kabel merupakan kegiatan penyelenggaraan jaringan yang melayani telekomunikasi bergerak dengan teknologi Seluler di permukaan bumi. Telekomunikasi dengan Kabel merupakan kegiatan pengoperasian, perawatan atau penyediaan akses pada fasilitas untuk pengiriman suara, data, teks, bunyi, dan video dengan menggunakan infrastruktur kabel telekomunikasi.

Di sisi lain, fitur Data Rollover justru dapat menjadi ajang bagi para pengguna untuk #NabungKuota,” pungkas dia. ‘Selain itu, jumlah kuota yang compact ini juga sangat cocok dijadikan kuota internet komplementer jika tempat tinggal kita sudah terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi,” ucap Nathan. Nathan Setyobagas Aritonang, selaku representatif Live.On, menjelaskan untuk merepresentasikan kehidupan masyarakat urban yang bertempo cepat, Live.On menamai produk paket data 30GB ini sebagai ‘Power Bolt’.

Pengabungan akan menguatkan baik kekuatan finansial dan keahlian untuk mendorong inovasi, meningkatkan pengalaman pelanggan dan memiliki posisi yang lebih baik untuk jaringan 5G. “Akhir November lalu juga telah dicanangkan proyek pembangunan serat optik Papua Cable System dengan panjang kabel terbentang mencapai 2.000 kilometer melewati laut dan darat. Proyek ini untuk menghadirkan konektivitas di kawasan timur Indonesia,” kata Mulyanta. Dengan jumlah kuota sebesar 30GB, kata dia, Power Bolt bisa mencukupi kebutuhan internet selama work from home seperti mengakses data pekerjaan, membuat presentasi kreatif, virtual meeting, hingga riset daring.

Sebagus dan secanggih apapun komputer dan software yang digunakan, jika koneksi internet tidak stabil, maka efektivitas pekerjaan tidak bisa maksimal. Untuk menunjang bekerja maupun belajar di rumah, internet juga dibutuhkan untuk mengakses aplikasi video call atau video conference untuk berkomunikasi dengan teman, guru, dan rekan kera. Dominasi Zoom sebagai aplikasi video conference juga dijumpai pada survei ke kalangan pekerja. Kalangan pelajar lebih nyaman dengan layanan dari 3 sebagai operator internet yang dipakainya sehari-hari. 3 digunakan 25% responden kalangan pelajar, disusul dengan Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL.

Fase kedua peningkatan kualitas dan kuantitas layanan sampai 10 sst untuk 1 desa dilanjutkan dengan penyediaan akses internet pada tahapan ini merupakan pembentukan “Desa Pinter ”. BPKP yang diwakili oleh Kamaruddin Syam, Direktur Pengawasan Lembaga Pemerintah Bidang Hankam, Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polsoskam, telah beberapa kali menghadiri pertemuan antara Departemen Komunikasi dan Informatika serta instansi terkait lainnya. Perkembangan teknologi telekomunikasi seluler sudah mulai memasuki era 5G.Datangnya teknologi diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun penggunaan internet masih konsumtif, belum banyak memberikan manfaat yang bisa memberikan nilai tambah bagi penggunanya. Penelitian ini ingin mengetahui apakahjaringan mobile broadband dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif atau tidak?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button